Makalah

MAKALAH 


PNEUMATIK DAN ELEKTRO PNEUMATIK





   NAMA : RAHMAN

               NIM      :  2015011023






SISTEM KOMPUTER

STMIK BINA ADINATA

BULUKUMBA 2017









KATA PENGANTAR

Alhamdulillah.. Puji syukur kehadirat Allah SWT. atas segala rahmat dan hidayah-Nya. Segala pujian hanya layak kita aturkan kepada Allah SWT. Tuhan seru sekalian alam atas segala berkat, rahmat, taufik, serta petunjuk-Nya yang sungguh tiada terkira besarnya, sehingga penulis dapat menyelesaikan makalah yang penulis berisi judul Pneumatik dan Elektro Pneumatik”. Dalam penyusunan makalah ini, penulis mendapat banyak bantuan dari berbagai pihak, oleh karena itu penulis mengucapkan rasa berterima kasih yang sebesar-besarnya kepada yang telah memberikan dukungan, moril, dan kepercayaan yang sangat berarti bagi penulis.
sSmoga semua ini bisa memberikan sebuah nilai kebahagiaan dan menjadi bahan tuntunan kearah yang lebih baik lagi. Penulis tentunya berharap isi makalah ini tidak meninggalkan celah, berupa kekurangan atau kesalahan, namun kemungkinan akan selalu tersisa kekurangan yang tidak disadari oleh penulis.
Oleh karena itu, penulis mengharapkan kritik dan saran yang membangun agar makalah ini dapat menjadi lebih baik lagi. Akhir kata, penulis mengharapkan agar makalah ini bermanfaat bagi semua pembaca.


                                                                        Bulukumba, 05 Juli 2017


                                                                                     RAHMAN
                                                                                    2015011023
                                                                                   



DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR.............................................................................................................................ii
DAFTAR ISI......................................................................................................................................... iii
BAB I PENDAHULUAN.......................................................................................................................1
A.    Latar Belakang......................................................................................................................................  1
B.     Rumusan Masalah...................................................................................................................................1
C.     Tujuan.....................................................................................................................................................1
BAB 2 PEMBAHASAN.........................................................................................................................2
1.         Pengertian Pnumatik................................................................................................................2
2.         Pengertian Elektro Pneumatik.................................................................................................4
BAB 3 PENUTUP..................................................................................................................................6
A.      Kesimpulan.................................................................................................................................6
B.       Saran..........................................................................................................................................6
DAFTAR PUSTAKA.............................................................................................................................7







BAB I

         PENDAHULUAN



A.  Latar Belakang
Udara merupakan sumber daya alam dans angat mudah didapatkan sehingga pada realisasi dan aplikasi teknik sekarang ini udara banyak digunakan sebagai penggerak untuk mengontrol peralatan dan komponen-komponennya yang kita kenal sekarang ini dengan pneumatik. Pneumatik berasal dari kata Yunani :pneuma=udara. Jadi pneumatic adalah ilmu yang berkaitan dengan gerakan maupun kondisi yang berkaitan dengan udara. Perangkat pneumatic bekerja dengan memanfaatkan udara yang dimampatkan (compressed air). Di dalam perkembangannya system pneumatik digabungkan dengan system elektrik untuk mempermudah pengoperasian yang disebut Sistem Elektropneumatik.
Keuntungan penggunaan komponen elektrik sebagai kontrol dari sistem pneumatik adalah sinyal elektrik dapat ditransmisikan melalui kabel secara mudah dan cepat dengan jarak yang jauh. Sedangkan untuk sinyal mekanik atau sinyal transmisi pneumatik lebih rumit.
B.  Tujuan Pembuatan Makalah
Dalam pembuatan makalah ini penulis ingin memaparkan tentang Sistem Pengertian Pneumatik dan Elektro Pneumatik.







BAB 2

                                                PEMBAHASAN


A.  Pengertian Pneumatik
                 Pneumatik merupakan teori atau pengetahuan tentang udara yang bergerak, keadaan-keadaan keseimbangan udara dan syarat-syarat keseimbang-an. Orang pertama yang dikenal dengan pasti telah menggunakan alat pneumatik adalah orang Yunani bernama Ktesibio. Dengan demikian istilah pneumatik berasal dari Yunani kuno yaitu pneuma yang artinya hembusan (tiupan). Bahkan dari ilmu filsafat atau secara philosophi istilah pneuma dapat diartikan sebagai nyawa. Dengan kata lain pneumatik berarti mempelajari tentang gerakan angin (udara) yang dapat dimanfaatkan untuk menghasilkan tenaga dan kecepatan.
                                 
Pneumatik merupakan cabang teoritis aliran atau mekanika fluida dan tidak hanya meliputi penelitian aliran-aliran udara melalui suatu sistem saluran, yang terdiri atas pipa-pipa, selang-selang, gawai (device) dan sebagainya, tetapi juga aksi dan penggunaan udara mampat. Udara yang dimampatkan adalah udara yang diambil dari udara lingkungan yang kemudian ditiupkan secara paksa ke dalam tempat yang ukurannya relatif kecil.
Pneumatik dalam pelaksanaan teknik udara mampat dalam industri (khususnya dalam teknik mesin) merupakan ilmu pengetahuan dari semua proses mekanis dimana udara memindahkan suatu gaya atau suatu gerakan. Dalam pengertian yang lebih sempit pneumatik dapat diartikan sebagai teknik udara mampat (compressed air technology). Sedangkan dalam pengertian teknik pneumatik meliputi : alat-alat penggerakan, pengukuran, pengaturan, pengendalian, penghubungan dan perentangan yang meminjam gaya dan penggeraknya dari udara mampat. Dalam penggunaan sistem pneumatik semuanya menggunakan udara sebagai fluida kerja dalam arti udara mampat sebagai pendukung, pengangkut, dan pemberi tenaga.
Adapun ciri-ciri dari para perangkat sistem pneumatik yang tidak dipunyai oleh sistem alat yang lain, adalah sebagai berikut :
  1. Sistem pengempaan, yaitu udara disedot atau diisap dari atmosphere kemudian dimampatkan (dikompresi) sampai batas tekanan kerja tertentu (sesuai dengan yang diinginkan). Dimana selama terjadinya kompresi ini suhu udara menjadi naik.
  2. Pendinginan dan penyimpanan, yaitu udara hasil kempaan yang naik suhunya harus didinginkan dan disimpan dalam keadaan bertekanan sampai ke obyek yang diperlukan.
  3. Ekspansi (pengembangan), yaitu udara diperbolehkan untuk berekspansi dan melakukan kerja ketika diperlukan.
  4.  Pembuangan, yaitu udara hasil ekspansi kemudian dibebaskan lagi ke atmosphere (dibuang).
Ø Komponen-komponen dalam Sistem Pneumatik
Berikut komponen-komponen yang digunakan pada sistem pneumatik hapir sama dengan sistem hidrolik  :
1.      Kompresor
2.      Regulator dan Gauge
3.      Check valve
4.      Tanki Akumulator
5.      Saluran Pipa
6.      Directional Valve
7.      Aktuator
                                   
2.      Pneumatik Elektronik         
Elektro pneumatik merupakan pengembangan dari pneumatik, dimana prinsip kerjanya memilih energi pneumatik sebagai media kerja (tenaga penggerak) sedangkan media kontrolnya mempergunakan sinyal elektrik ataupun elektronik.Sinyal elektrik dialirkan ke kumparan yang terpasang pada katup pneumatik dengan mengaktifkan sakelar, sensor ataupun sakelar pembatas yang berfungsi sebagai penyambung ataupun pemutus sinyal.
Sinyal yang dikirimkan ke kumparan tadi akan menghasilkan medan elektromagnit dan akan mengaktifkan/ mengaktuasikan katup pengatur arah sebagai elemen akhir pada rangkaian kerja pneumatik. Sedangkan media kerja pneumatik akan mengaktifkan atau menggerakkan elemen kerja pneumatik seperti motor-pneumatik atau silinder yang akan menjalankan sistem.
Ø  Prinsip Kerja
  • Sinyal elektrik dialirkan ke kumparan yang terpasang pada katup pneumatik.
  • Sinyal yang dikirimkan tadi akan menghasilkan medan elektromagnetik dan akan mengaktifkan katup pengatur arah sebagai elemen akhir pada rangkaian kerja pneumatik.
  • Media kerja pneumatik akan mengaktifkan elemen kerja pneumatik seperti motor pneumatik yang menjalankan sistem

Tenaga fluida adalah istilah yang mencakup pembangkitan, kendali dan aplikasi dari fluida bertekanan yang digunakan untuk memberikan gerak. Berdasarkan fluida yang digunakan tenaga fluida dibagi menjadi pneumatik, yang menggunakan udara, serta hidrolik, yang menggunakan cairan. Dasar dari aktuator tenaga fluida adalah bahwa fluida mempunyai tekanan yang sama ke segala arah. Dalam sistem pneumatik, aktuator berupa batang piston mendapat tekanan udara dari katup masuk, yang kemudian memberikan gaya kepadanya.
Udara sebagai fluida kerja pada sistem pneumatik memiliki karakteristik khusus, antara lain :
  • Jumlahnya tak terbatas
  • Mencari tekanan yang lebih rendah
  • Dapat dimampatkan
  • Memberi tekanan yang sama rata ke segala arah
  • Tidak mempunyai bentuk (menyesuaikan dengan tempatnya)
  • Mengandung kadar air







            BAB 3

PENUTUP


A.      Kesimpulan
Ø  Pneumatik merupakan teori atau pengetahuan tentang udara yang bergerak, keadaan-keadaan keseimbangan udara dan syarat-syarat keseimbang-an. Orang pertama yang dikenal dengan pasti telah menggunakan alat pneumatik adalah orang Yunani bernama Ktesibio. Dengan demikian istilah pneumatik berasal dari Yunani kuno yaitu pneuma yang artinya hembusan (tiupan).
Ø  Elektro pneumatik merupakan pengembangan dari pneumatik, dimana prinsip kerjanya memilih energi pneumatik sebagai media kerja (tenaga penggerak) sedangkan media kontrolnya mempergunakan sinyal elektrik ataupun elektronik.Sinyal elektrik dialirkan ke kumparan yang terpasang pada katup pneumatik dengan mengaktifkan sakelar, sensor ataupun sakelar pembatas yang berfungsi sebagai penyambung ataupun pemutus sinyal.
B.  Saran
            Kami menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari kata sempurna, kedepannya penulis akan lebih fokus dan detail dalam menjelaskan tentang makalah di atas dengan sumber–sumber yang lebih banyak yang tentunya dapat di pertanggung jawabkan.






DAFTAR PUSTAKA
-       kemal-playsite.blogspot.com/2012/09/pneumatik-dan-elektro-pneumatik.html
-       lukmanatmoshpherngeblues.blogspot.com/2015/01/artikel-pneumatik.html?m=1
-       https://panglimaotomasi.wordpress.com/elektro-pneumatik/





Comments

  1. Lucky Club Casino site - Live Dealer Games - Lucky Club
    Lucky Club is a trusted online casino that offers games from Microgaming, Evolution luckyclub.live Gaming, Big Time Gaming, BetSoft, Ezugi, NetEnt, and others. Join now and play with

    ReplyDelete
  2. Harrah's Cherokee Casino - Mapyro
    Find Harrah's Cherokee 안동 출장마사지 Casino, best price guarantee 광주광역 출장안마 and reviews. Hotel? Resort fee? Yes. Mapyro Realtime Gaming? Yes. 문경 출장마사지 Harrah's 광양 출장마사지 Cherokee Casino 오산 출장마사지 is operated by

    ReplyDelete

Post a Comment